Salah satu keresahan siswa SMP atau SMA adalah tentang naiknya Standar UN 2010. Tetapi kabar baik bagi Anda sebab Pemerintah tidak menaikkan standar kelulusan ujian nasional (UN) pada 2010 mendatang. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 75/2009 tentang UN SMP/Mts, SMPLB, SMA/MA,SMALB,dan SMK menetapkan standar kelulusan UN memiliki nilai rata-rata 5,50 untuk semua mata pelajaran yang diujikan.

Standar itu memiliki kewajiban lulus dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran yang lain.Nilai itu berlaku untuk peserta UN tingkat SMP/Mts, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK. Sementara khusus untuk SMK nilai mata pelajaran praktik kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.

Pada 2010 pemerintah juga memajukan jadwal pelaksanaan UN. Untuk UN SMA/MA,SMALB,dan SMK dilaksanakan pada minggu ketiga Maret 2010.Padahal, biasanya pelaksanaan UN untuk SMA sederajat digelar pertengahan April. Pelaksanaan UN SMP sederajat juga ikut maju, yakni pada minggu keempat Maret 2010. Sementara untuk UN susulan digelar satu minggu setelah UN.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Suwanto mengatakan, meskipun ada informasi tentang majunya pelaksanaan UN 2010, pihaknya belum berani memajukan sosialisasi UN di tiap kabupaten dan kota di Jatim.“Kami masih menunggu Prosedur Operasional Standar (POS) UN. Sampai sekarang POS UN itu belum kami terima,” ujar Suwanto kemarin. Ketua Dewan Pendidikan Jatim Zainuddin Maliki mengatakan, ukuran lulus siswa dari sekolah memang tidak bisa dilihat dari kenaikan standar UN.

Dengan tidak naiknya standar kelulusan, siswa lebih tenang dan optimistis untuk lulus.“Sebelumnya, banyak siswa yang takut menghadapi UN karena tidak percaya diri.Apalagi standar kelulusan yang diterapkan pemerintah cukup tinggi,” katanya.

Posted by Spider ALUMNI

0 comments:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates