Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan menangani sepenuhnya atau terlibat 100 persen mulai pendistribusian naskah hingga penunjukkan guru pengawas pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA/MA tahun 2010.

Sekretaris Majelis Rektor Prof Haris Suprapto di Surabaya, Sabtu (26/12), mengatakan keterlibatan penuh PTN demi menunjang kredibilitas dan kejujuran hasil Ujian Nasional 2010.

“Jika hasil UN bisa dipertanggungjawabkan secara jujur dan kredibel, hasil UN bisa dintegrasikan sebagai syarat masuk PTN,” katanya.

Dalam proses pendistribusiaan naskah, pihak perguruan tinggi akan terlibat pada saat penyimpanan hingga pendistrubisian naskah ke SMA dan MA.

“Pada UN 2010, pendistribusian naskah bukan lagi dilakukan oleh Dinas Pendidikan kota Jawa Timur dan Surabaya, tapi langsung dibawah tanggungjawab PTN,” katanya.

Tidak hanya pendistribusian, PTN juga terlibat dalam pencetakan naskah dan pengawasan UN. Dalam pengawasan UN, rektor Unesa tersebut menyanggupi akan menerjunkan minimal dua dosen pengawas, jika anggaran yang disediakan oleh pemerintah cukup.

Selain itu, ia juga mengatakan, nantinya pengawas juga diperbolehkan untuk masuk ke ruangan jika dicurigai adanya kecurangan.

“Dengan meningkatkan peran PTN, dalam pelaksanaan UN, diharapkan hasil yang didapat juga kredibel. Meskipun begitu, kami dari
pihak rektor tidak bisa menjamin hasil UN karena kemungkinan ada niat dari pihak-pihak tertentu untuk melakukan kecurangan,” katanya.

Dalam sistem pengawasan, PTN tidak hanya terlibat dalam penerjunan dosen pengawas, tapi bagi guru yang akan menjadi pengawas Unas, harus mendapatkan surat keputusan dari Rektor wilayah regional setempat.

“Dalam hal ini, Dinas Pendidikan, akan merekomendasikan guru-guru yang ditunjuk menjadi pengawas Unas pada rektor Universitas. Misalnya, guru pengawas dari Jombang dan Mojokerto direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan ke Rektor Unesa. Nantinya, rektor Unesa akan memberikan Surat Keputusan (SK) bagi guru yang ditunjuk sebagai pengawas,” katanya.

Managemen pengawasan yang akan dilakukan untuk Unas tahun depan, dikatakannya, hampir sama dengan pengawasaan pada saat SNMPTN.

Keterlibatan ketiga PTN dalam UN yaitu terkait pemindaian atau proses screening lembar jawab UN. “Untuk pemindaian LJU UN tetap diserahkan ke pada pihak PTN,” katanya.

Posted by Spider ALUMNI

0 comments:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates